Mengendarai Gelombang AI Ketiga

Gelombang AI Pertama dimulai dengan sistem berbasis statistik. Penggunaan yang paling terkenal berupa algoritma pencarian informasi yang digunakan oleh perusahaan internet besar seperti Google pada tahun-tahun awal AI, seperti mesin pencari PageRank.

Gelombang AI Kedua lebih banyak penggunaan teknik pembelajaran mesin (Machine Learning), seperti regresi logistik, mesin vektor pendukung (Support Vector Machine), dan sebagainya. Ini masih digunakan di semua jenis bisnis seperti perbankan dan alat pemasaran digital.

Gelombang AI Ketiga berupa pembelajaran mendalam (Deep Learning). Manifestasinya dalam AI persepsi, yang berkaitan dengan sistem persepsi manusia: penglihatan, pendengaran, sentuhan dan sebagainya. Penggunaannya berupa pengenalan suara dan pengenalan gambar.

Ini digunakan dalam program email yang memprediksi apa yang ingin ditulis selanjutnya; di ponsel yang dikunci oleh pengenalan wajah; dalam alat pemasaran dan periklanan digital yang memprediksi perilaku pelanggan; dan banyak kasus penggunaan lainnya. Gelombang ketiga telah muncul dalam lima tahun terakhir dan telah jauh melampaui kemampuan manusia di bidangnya.

https://www.itproportal.com/features/how-to-ride-the-third-wave-of-ai/

Leave a comment